Berbagi Bersama: Juni 2012

Pages

Juni 30, 2012

Karyawisata SDN Kebon Baru VII

SD Kebon Baru 7 Cirebon is the best
Tanggal 15-17 Juni 2012 yang lalu, aku beserta temen-temen sekelas SD Kebon Baru VII Cirebon pergi study tour ke Yogyakarta dan sekitarnya. Seperti kata orang bilang, perjalanan adalah proses menemukan,  dan kami pun banyak menemukan hal baru dan menarik untuk dapat dipelajari.

Ayo Cari Namamu.....

Study tour ini sebenarnya diagendakan buat nanti perpisahan kelas enam. Namun karena nanti kelas enam pasti sibuk dengan try out dan agenda belajar lainnya menghadapi UN (Ujian Nasional), maka study tour ini dilaksanakan saat liburan kenaikan kelas. Acara itu berlangsung lancar dan ramai, dan tentunya memberi cerita, kesan, dan pengalaman tersendiri.

Jumat, 15 Juni 2012

Saat tiba di sekolah, jarum jam menunjukkan pukul 19.30 WIB. Malam itu bus sudah menunggu di depan sekolah. Teman-teman pun sudah terlihat tidak sabar menunggu untuk berangkat menuju ke Yogyakarta. Sebelum berangkat, kami dikumpulkan untuk mendapatkan briefing dan berdoa bersama. Setelah briefing dan doa selesai dilakukan, satu persatu peserta mulai masuk ke dalam bus yang sudah ditentukan oleh panitia.

Sebelum Breifing dan Doa


Sabtu, 16 Juni 2012

Kegiatan hari ini kami awali dengan sarapan pagi di Orang Utan Resto Adventure. Tempat makan yang terletak di jalan Mayor Kusen km 2,4 Mungkid, Magelang ini merupakan perpaduan resto yang dilengkapi area bermain seperti Panjat Tebing, Marine Bridge, Mouse Trap, Military Camp dan masih banyak lagi.


 
Sarapan pagi di Resto Adventure Orang Utan


Selesai sarapan pagi, obyek wisata yang pertama kami kunjungi adalah Candi Borobudur. Ini untuk kedua kalinya aku ke sini. Belum banyak perubahan dibanding waktu pertama kali aku kesini. Borobudur dibangun sebagai tempat suci untuk memuliakan Budha sekaligus berfungsi sebagai tempat ziarah untuk menuntun umat manusia beralih dari alam nafsu duniawi menuju pencerahan dan kebijaksanaan sesuai ajaran Buddha. Borobudur kini masih digunakan sebagai tempat ziarah keagamaan, tiap tahun umat Budha yang datang dari seluruh Indonesia dan mancanegara berkumpul di Borobudur untuk memperingati Trisuci Waisak. 


 

Di Candi Borobudur



Selepas Dhuhur, kami menuju Museum Dirgantara Mandala di kawasan Wonocatur. Museum ini menempati sebuah gedung yang semasa penjajahan Belanda adalah sebuah pabrik gula dan pada waktu pendudukan Jepang digunakan sebagai Depo Logistik.

   
Di Museum Dirgantara Mandala


Di dalam Museum ini, terdapat lebih dari 10.000 koleksi komponen alutsista dan 40 pesawat terbang dari berbagai negara, serta terdapat koleksi berupa diorama, foto, lukisan, tanda kehormatan, dan lain-lain yang disusun dan ditata berdasar kronologi peristiwa.

Suasana di Pantai Parangtritis

Setelah puas di Museum Dirgantara, kami menuju ke Pantai Parangtritis. Kawasan wisata Pantai Parangtritis terletak di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Yang termasuk ke dalam kawasan wisata Pantai Parangtritis yaitu Pantai Parangtritis, Pantai Parangkusumo, Pantai Depok, Dataran Tinggi Gembirowati, Petilasan Parangkusumo, Pemandian Parangwedang, Makam Syeh Maulana Magribi, Makam Syeh Bela Belu, Makam Ki Ageng Selohening, Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Depok, dan Gumuk Pasir (barchan). Di sini kami asyik bermain air di pantai, tidak berani ke tengah soalnya ombaknya besar.

Minggu, 17 Juni 2012

Di hari kedua, kami berkunjung ke tempat yang menarik yaitu Taman Pintar. Berdiri di pusat kota, tepatnya di jalan Panembahan Senopati No.1-3 Yogyakarta. Taman Pintar adalah  sebuah wahana wisata yang dibangun sebagai wahana ekpresi, apresiasi dan kreasi dalam suasana yang menyenangkan. Taman Pintar juga ingin mewujudkan salah satu ajaran Ki Hajar Dewantara yaitu Niteni (memahami), Niroake (menirukan), dan Nambahi (mengembangkan).

 
Taman Pintar, Gedung Oval dan Gedung Kotak

Lokasi Taman Pintar di bagi menjadi beberapa bagian yakni :
  • Playground : Merupakan ruang publik bagi pengunjung. Di sini terdapat wahana bermain untuk anak seperti Pipa Bercerita, Parabola Berbisik, Rumah Pohon, Air Menari, Koridor Air, Desaku Permai, Spektrum Warna Dinding Berdendang, Sistem Katrol, Jembatan Goyang, Jungkat-jungkit, Istana Pasir, Engklek, dan Forum Batu  
  • Gedung Heritage : Daerah ini diperuntukkan bagi pendidikan anak berusia dini (PAUD), yang terdiri dari anak-anak usia pra-sekolah hingga TK.

Di dalam Taman Pintar
  • Gedung Oval : Zona ini terdiri dari zona pengenalan lingkungan dan eksibisi ilmu pengetahuan, zona pemaparan, sejarah, ilmu pengetahuan dan teknologi. 
  • Gedung Kotak : Gedung ini terdiri dari tiga lantai yakni lantai pertama zona sarana pelengkap Taman Pintar yang mencakup ruang pameran, ruang audiovisual, radio anak Jogja, food court, dan souvenier counter. Lantai dua zona materi dasar dan penerapan iptek terdiri dari Indonesiaku, jembatan sains, teknologi populer, teknologi canggih, dan perpustakaan. Sedangkan lantai tiga terdiri dari laboratorium sains, animasi dan tv, dan course class.
Sangat menyenangkan dapat berkunjung ke Taman Pintar. Pokoknya rugi deh kalau nggak ke sana.

   
Jalan Malioboro
Dan…. tempat terakhir yang kami kunjungi adalah Malioboro. Di Malioboro ada banyak souvenir khas Jogja, batik, makanan khas Jogja, dan masih banyak lagi. Jogja bener-bener istimewah deh. Waktu jua akhirnya yang mengharuskan kami kembali ke Cirebon.

Senin, 18 Juni 2012

Pukul 03.15 WIB akhirnya kami sampai di Cirebon. Capek…? Iya sih, tapi rasa lelah tak terasa dan kalah oleh rasa kebersamaan dan kekompakan diantara teman-teman. Mudah-mudahan teman-teman sekelas makin kompak dan tetap bersatu. Pokoknya SDN Kebon Baru 7 Cirebon is the best….




Baca selanjutnya "Karyawisata SDN Kebon Baru VII..."

Baca juga artikel ini ya....

Tukar Link

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Berbagi Bersama

Bagi temen-temen yang mau tukeran link silahkan masukan link kamu secara otomatis dan jangan lupa pasang link aku juga yah di blog kamu ^^

 

Free Blog Templates

Powered By Blogger

Blog Tricks

Powered By Blogger

Easy Blog Tricks

Powered By Blogger

Great Morning ©  Copyright by Berbagi Bersama | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks