Berbagi Bersama: Ayo Segera Isi Blogmu

Pages

Maret 23, 2011

Ayo Segera Isi Blogmu

Satu hal yang membuat sebagian orang merasa tidak bisa menulis adalah karena tidak adanya ide tulisan yang dianggap cocok. Padahal kalau persoalannya adalah hanya karena tidak ada ide, mungkin hanya sekali kejap ide sudah didapatkan, karena sepanjang mata memandang, banyak inspirasi tersebar dan banyak pula ide yang bisa diserap. Ide ada dimana-mana, tapi kok masih juga dikatakan bahwa tidak ada ide untuk menulis? Bagaimana bila ide tulisan sudah didapat tapi tetap tidak bisa menulis?

Kita ini sebenarnya pintar menulis, hanya saja kurang mampu untuk menuliskan apa yang kita pikirkan. Mau bukti....? Ketika kita diperintahkan menulis ulang buku yang tebalnya 500 halaman, kita bisa melakukannya. Ketika diperintahakan menulis apa yang kita pikirkan, belum tentu kita bisa menulis sebanyak satu halaman.

Lalu apa solusinya?


Sebuah pepatah mengatakan “ala bisa karena biasa”. Begitupula dengan kemampuan menulis, kita hanya perlu membiasakan diri. Banyak orang mengeluh bahwa dirinya tidak bisa menulis, padahal sejatinya mereka hanya tidak terbiasa. Karena ketika mereka sudah terbiasa, menulis tidak lagi susah. Menulis akan menjadi pekerjaan enteng baginya. Kuncinya adalah pembiasaan, karena ketika kita telah terbiasa, pasti kita akan berkata menulis itu sangat mudah.

Faktor lain yang juga mempengaruhi kita sulit untuk menuangkan ide-ide kedalam tulisan diantaranya adalah :
  • Pertama, Tidak Adanya Rasa Percaya Diri. Jangan ragu atau bimbang, ayo tuangkan saja ide itu ke dalam tulisan. Setelah selesai periksa dan adakan sedikit perbaikan agar tulisan yang dibuat dapat membuat orang yang membacanya langsung klepek...klepek...jatuh hati
  • Kedua, Merasa Idenya Tidak Cocok Di Hati. Bicara masalah hati, sulit sekali menjelaskannya. Seperti kata pepatah, dalamnya lautan bisa diukur tapi dalamnya hati siapa yang tahu. Tetapi jika kita hanya menuruti kata hati lantas kapan kita akan menulis? Ingat di sini kita menulis untuk orang lain, jadi buat semua tulisan semanis mungkin, karena mereka tak peduli hatimu sedang bagaimana.
  • Ketiga, Merasa Kalau Ide Tulisannya Tidak Menarik. Belum apa-apa sudah menilai hasil karya sendiri. Biarkan saja orang lain yang menilai tulisan kita. Pembacalah yang berhak menilai tulisan kita, bagus atau tidak, menarik atau tidak. Karena di sini berlaku hukum obyektifitas. Pembaca yang bisa memberikan penilaian, karena mereka yang menikmati tulisan kita.
Setelah membaca tulisan ini, lalu apa anda sudah mendapatkan ide-ide baru? Ayo silakan beri komentar disini...



4 komentar:

MechWarg mengatakan...

Ayo....segera isi blogmu....selamat menulis dan berkarya ya...salam

CIARA mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya.... maaf baru dibalas....

DiEza's Blog mengatakan...

mari belajar menulis dan menumpahkan isi kepala didalam tulisan...

jangan lupa saling bertukan komentar :)

CIARA mengatakan...

Betul... belajar.. belajar dan terus belajar. Terima kasih atas kunjungannya....

Poskan Komentar

Baca juga artikel ini ya....

Tukar Link

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Berbagi Bersama

Bagi temen-temen yang mau tukeran link silahkan masukan link kamu secara otomatis dan jangan lupa pasang link aku juga yah di blog kamu ^^

 

Free Blog Templates

Blog Tricks

Easy Blog Tricks

Great Morning ©  Copyright by Berbagi Bersama | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks