Berbagi Bersama: Mengapa Disebut Laut mati ?

Pages

Mei 24, 2011

Mengapa Disebut Laut mati ?

Sebagian besar dari kita pasti sudah pernah mendengar tentang Laut Mati. Tidak seperti namanya yang menyeramkan, Laut Mati memiliki keunikan tersendiri. Laut Mati yang terletak di daerah Palestina, Yordania dan Israel, merupakan sebuah danau asin, bukan laut seperti yang kita bayangkan, karena berada di tengah daratan. Lalu mengapa kok disebut “Laut” ? Istilah laut  dipergunakan karena danau ini sangat luas, panjangnya mencapai 76 km, sedang lebarnya mencapai 16 km. 

Pertanyaan berikutnya, mengapa disebut “Laut Mati” ? Baiklah, untuk selanjutnya kita sebut saja danau ini sebagai laut. Laut ini berada lebih dari 400 meter di bawah permukaan air laut yang merupakan daerah terrendah di permukaan bumi (sedangkan titik terdalam di bumi sendiri di pegang oleh Palung Mariana). Tiap tahunnya, debit air di laut ini mengalami penurunan hingga satu meter, dikarenakan jumlah air yang masuk dari sungai Jordan banyak dipergunakan untuk keperluan irigasi sehingga pasokan ke laut ini menjadi berkurang, ditambah lagi penguapan di Laut Mati sangat tinggi.

Karena besarnya kadar garam yang terkandung di laut ini, menyebabkan kita dapat mengapung dengan mudah di Laut Mati tanpa takut akan tenggelam. Aneh memang, tapi itulah kejadian alam. Kadar garam air di Laut Mati sekitar 30 % lebih tinggi dibanding kadar garam air laut biasa yang sekitar 3,5 %. Artinya, di Laut Mati sekitar sembilan kali lebih asin dibandingkan dengan air laut biasa. Sedangkan kadar garam tubuh kita hanya 1 – 2 %. Tidak heran, kita akan terapung ketika berenang di Laut Mati.

Karena kadar garam di Laut Mati sangat tinggi, menyebabkan air Laut Mati sangat asin. Hal ini mengakibatkan tidak ada ikan dan sejenisnya yang dapat hidup di Laut Mati. Jadi, inilah alasannya mengapa disebut Laut Mati, karena tidak ada kehidupan di laut ini. Walau demikian, Laut Mati tidak benar-benar mati, karena ada beberapa jenis bakteri dapat hidup di sini.

8 komentar:

jamu mengatakan...

wah bisa berenang tanpa pelampung dunk dik...

urang kapuas mengatakan...

tambah info lagi. moga tetap semngat dalam ngeblog.

CIARA mengatakan...

@ Jamu : Betul Kak... kita bisa berenang tanpa pelampung... Kakak belum bisa berenang ya... kok masih pake pelampung sih berenangnya...
@ Urang Kapuas : Ayo.. ayo semangat....

Terima kasih semua ya atas kunjungannya...

CahNdeso mengatakan...

Waduh.. Laut Mati yang sepi tanpa ikan... serem deh. Kalau mau mancing ikan di situ, sia-sia donk!

Ciara mengatakan...

Betul... kita akan sia-sia jika mengail di Laut Mati. Lagi pula kailnya tidak tenggelam, jadi akan melayang di atas permukaan air. Terima kasih ya atas kunjungannya....

Gadget Information Blog mengatakan...

Daily real k is s for you, real k is s back please.....

UsFxTrading mengatakan...

Ternyata laut mati bukan di tengah laut,
ane baru tau nih
thanks ya

CIARA mengatakan...

Terima kasih semuanya ya atas kunjungannya....

Poskan Komentar

Baca juga artikel ini ya....

Tukar Link

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Berbagi Bersama

Bagi temen-temen yang mau tukeran link silahkan masukan link kamu secara otomatis dan jangan lupa pasang link aku juga yah di blog kamu ^^

 

Free Blog Templates

Blog Tricks

Easy Blog Tricks

Great Morning ©  Copyright by Berbagi Bersama | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks