Berbagi Bersama: Paus Bukan Ikan Terbesar

Pages

Juni 14, 2011

Paus Bukan Ikan Terbesar

Coba Anda lemparkan pertanyaan seperti ini, "Ikan apa yang terbesar di dunia?" Dapat dipastikan sebagian besar akan menjawab ikan paus. Tetapi tahukah Anda bahwa paus itu bukan ikan. Tapi mengapa kebanyakan orang menyebut ikan? Disebut Ikan Paus karena bentuknya mirip ikan saja.

Hewan kelompok cetacea, seperti lumba-lumba dan paus, sekilas memang tampak seperti ikan pada umumnya, mulai dari bentuk tubuhnya hingga habitatnya yang sama-sama hidup di dalam air. Akan tetapi, paus bukanlah termasuk ikan, mereka termasuk mamalia, yaitu hewan yang menyusui. Paus termasuk mamalia karena memiliki peredaran darah tertutup, kelenjar susu, berdarah panas dan melahirkan. Selain itu bentuk sirip depan paus memiliki struktur tulang seperti mamalia, bukan seperti ikan.

Layaknya mamalia pada umumnya, hewan cetacea termasuk makhluk berdarah panas, artinya suhu tubuh mereka tetap konsisten, kurang lebih 37ºC (suhu tubuh yang hampir sama dengan suhu normal tubuh manusia). Meskipun demikian, di bawah permukaan laut yang cukup dalam, dan kadang-kadang suhunya pun bisa sangat dingin (mencapai 2º di bawah nol), panas yang keluar melalui kulit jauh lebih besar dari pada panas di udara. Beberapa paus memiliki lapisan lemak yang cukup tebal yaitu 50 cm di bawah kulitnya yang berfungsi untuk melindungi tubuhnya dari cuaca yang dingin. 

Hidup di air tapi kok bukan ikan? Lingkungan air bukan hanya berisi ikan, ada segala macam mahluk yang hidup di air itu, hewan melata juga ada, misalnya penyu dan ular, bahkan burungpun ada yang menghabiskan banyak waktunya di air. Untuk paus lingkungan air sangat cocok. Ukuran tubuhnya yang bisa dibilang besar itu membuatnya lebih cocok hidup di air.

Berikut adalah perbedaan antara paus dan ikan :
  • Paus memiliki kelopak mata sedangkan ikan tidak memiliki kelopak mata.
  • Paus memiliki sirip punggung dan sirip (kaki depan) yang terdapat tulang jari di dalamnya sedangkan ikan memiliki sirip punggung, sirip, sirip perut dan sirip dubur.
  • Paus memiliki lubang hidung yang digunakan untuk bernafas dan menghirup udara sedangkan ikan memiliki insang untuk membantu pernafasannya.
  • Kulit paus seperti karet sedangkan ikan mempunyai sisik.
  • Paus memiliki sirip ekor yang letaknya horizontal (mendatar) sedangkan ikan memiliki sirip ekor yang letaknya vertikal (berdiri).
  • Paus berenang dengan menggerak-gerakkan sirip ekornya ke atas dan ke bawah sedangkan ikan berenang dengan menggerak-gerakkan sirip ekornya ke kiri dan ke kanan.
  • Bayi paus lahir dari dalam perut induknya. Begitu lahir bayi ikan paus segera menghirup udara, bayi ikan paus minum susu ibunya dan menjadi besar, dan induk ikan paus membesarkan anaknya dengan hati-hati. Sedangkan induk ikan bertelur, bayi ikan tersebut menetas dari telur mencari makan sendiri sehingga menjadi besar.

14 komentar:

Miecyber mengatakan...

Info yang sangat bagus...

Naik basikal ke Mekah

CIARA mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya.

Hiddy Asri mengatakan...

baru sy tau..

safru mengatakan...

Jadi tahu nich tentang Ikan Paus eh.. salah bukan ikan yachh berarti selama ini keliru donk saya

wina ardianti mengatakan...

infonya bagus bagus. thanks ya.

CIARA mengatakan...

@ Safru : Betul, selama ini kita salah karena telah menganggap paus itu ikan...
@ Wina : Tunggu info berikutnya ya...

Terima kasih semua atas kunjungannya....

COF mengatakan...

Wah..jadi teringat pelajaran biologi ni, thanks sob, mudah2an ngak salah penyebutan lagi kalo paus itu bukan ikan tapi mamalia.

Ciara mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya. Ya mudah-mudahan kita tidak keliru lagi.

junwei mengatakan...

@Tanti Morning too! Sorry for the late reply, having a holiday so I am pretty enjoying it ;$

CIARA mengatakan...

Thank you for visiting ....

ThoraCiamik mengatakan...

ganaskalo sudah mengamuk dan mencium bau darah manusia,,,,mati lah kita di makannya,,,

CIARA mengatakan...

Setahu aku yang ganas kalo mencium darah manusia bukan Paus, tetapi Ikan Hiu (CMIIW).

Catatan Kita mengatakan...

bagud nih artikelnya,, terus berkarya
, and smile for you :D
visit me back ,n support me ,thanks

CIARA mengatakan...

Terima kasih atas kunjungannya, juga atas smile dan supportnya....

Poskan Komentar

Baca juga artikel ini ya....

Tukar Link

Mau Tukar Link? Copy/paste code HTML berikut ke blog anda

Berbagi Bersama

Bagi temen-temen yang mau tukeran link silahkan masukan link kamu secara otomatis dan jangan lupa pasang link aku juga yah di blog kamu ^^

 

Free Blog Templates

Blog Tricks

Easy Blog Tricks

Great Morning ©  Copyright by Berbagi Bersama | Template by Blogger Templates | Blog Trick at Blog-HowToTricks